Senin, 02 Agustus 2010

MENANAM JABON (Anthocephalus cadamba )
Model Rimbawan DAS Solo
“Iuran Bersama, Milik Bersama, Hasil Bersama”.

GAMBARAN UMUM
Jabon (Anthocephalus cadamba ) merupakan jenis tanaman hutan yang relatif baru dalam budidaya hutan rakyat. Jenis ini cepat tumbuh dan mudah dalam pemeliharaan. Jabon di pilih sebagai peluang menjanjikan akibat kebutuhan kayu yang terus meningkat dan merosotnya pasokan kayu sengon karena serangan karak kuru, juga meningkatnya bahan baku industri playwood di pulau jawa. Pengelolaan usaha jabon DAS Solo di kelola oleh komunitas Daun Iman (Dana Pensiun Ijo Mandiri) DAS Solo.
Komunitas Daun Iman(DI) DAS Solo merupakan komunitas rimbawan PNS Dephut, yang didirikan secara spontan oleh sesama karyawan BPDAS Solo. Semangat yang dibangun adalah menggalang semangat profesi dan menguatkan jiwa korsa rimbawan dimanapun, dalam bentuk kegiatan tanam menanam jenis kayu, berbasis Rehabilitasi Lahan Interpreneur.
Pada awalnya berdiri Daua Iman (2002), kegiatan terkonsentrasi pada tanaman Jati, berkembang dan telah memiliki lahan 5,6 ha bersertifikat, tahun 2010 ini mencoba jenis cepat tumbuh, khususnya Jabon.
Sumber dana diperoleh dari komunitas dengan komitmen “Iuran Bersama, Milik Bersama, Hasil Bersama”. Kebanggaan kegiatan yang hendak dicapai adalah kebersamaan; hasil kayu dan pengembangan silvikultur hutan rakyat intensif; pengembangan informasi yang didasari atas ilmu dan kekaryaan rimbawan; sekaligus membangun tekad partisipasi PNS Dephut secara kongkrit mendukung RHL dan perbaikan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar